Last modified: 2018-08-15
Abstract
Tracer study atau studi pelacakan alumni merupakan sebuah program yang diselenggarakan perguruan tinggi dalam menelusuri keberadaan alumninya. Kegiatan ini menjadi jembatan bagi perguruan tinggi dengan alumni, dan pengguna lulusan. Alumni merupakan representasi sebuah perguruan tinggi di dunia kerja maupun di dunia usaha, di sisi lain, pengguna alumni merupakan mitra yang dapat menilai kualitas dan prestasi alumni sebuah perguruan tinggi ketika bekerja di perusahaan atau lembaga mereka. Makalah ini bertujuan menggali peran kegiatan tracer study dalam pengembangan kurikulum di perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan analisis terhadap data hasil survey dan kuesioner kegiatan tracer study yang dilaksanakan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, khususnya Program Studi Teknik Arsitektur. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kegiatan tracer study, temu alumni dan wawancara dengan pengguna alumni memiliki peran besar dalam pengembangan kurikulum sehingga mampu menjawab kebutuhan dan tantangan dunia kerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan kurikulum karena secara langsung mengakomodasi kebutuhan pengguna lulusan perguruan tinggi.