SISTEM INFORMASI PEMETAAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN (SIPAHAT) DI KOTA SINGKAWANG
Anggi Perwitasari, M. Azhar Irwansyah, Tursina Tursina
Abstract
Saat ini kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan dan informasi fasilitas kesehatan yang tinggi menjadi permasalahan di kota Singkawang. Sedikitnya informasi yang hanya berupa nama fasilitas, alamat dan telepon pada situs resmi pemerintah kota Singkawang, mengakibatkan masyarakat tidak mengetahui lokasi alamat secara mendetail. Sistem Informasi Pemetaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (SIPAHAT) dibangun berbasis web dengan fitur pemetaan yang mampu memberikan informasi lokasi yang divisualisasikan kedalam bentuk peta menggunakan peta digital berbasis Google Map. SIPAHAT menyediakan informasi persebaran lokasi fasilitas pelayanan kesehatan dan informasi jenis-jenis pelayanan kesehatan. Sistem Informasi ini membantu masyarakat untuk mengetahui informasi lokasi fasilitas pelayanan kesehatan, jenis-jenis fasilitas pelayanan kesehatan, jadwal praktek dokter, status kehadiran dokter, status pelayanan kesehatan, dan status registrasi pelayanan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Blackbox dan UserAcceptance Test untuk menunjukkan bahwa sistem informasi pemetaan yang dihasilkan telah konsisten dengan requirement yang didefinisikan, dan telah memenuhi ekspektasi user yang menggunakannya accurate, timelines, relevance. Hasil pengujian User Acceptance Test yang menggunakan metode kuisioner dan Likert’s Summated Rating (LSR) memperoleh total skor 4043 yang menunjukkan bahwa responden menilai sistem informasi pemetaan fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Singkawang bebas dari kesalahan (accurate), menghasilkan informasi tepat waktu (timeliness), mempunyai manfaat bagi penggunanya (relevance) dan disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami.